Nama :
Ima Mulia Masnaria
Npm :
19211144
Tugas ke 6 :“Pengaruh Kebuadayaan Terhadap Pembelian dan konsumsi”
Dosen :
Tomi Adi Sumiarso, SE
Pengaruh
Kebudayaan Terhadap Pembelian dan Konsumsi
Semua orang
di dunia ini adalah konsumen. Sehari-hari
hidup kita, kita membeli dan mengkonsumsi berbagai luar biasa barang dan jasa. Namun, kita semua memiliki selera yang
berbeda, suka dan tidak suka dan mengadopsi pola perilaku yang berbeda saat
membuat keputusan pembelian. Banyak
faktor yang mempengaruhi bagaimana kita, sebagai individu dan sebagai
masyarakat, hidup, membeli, dan mengkonsumsi. Pengaruh
eksternal seperti budaya, etnis, dan pengaruh kelas sosial bagaimana individu
konsumen membeli dan menggunakan produk, dan membantu menjelaskan bagaimana kelompok
konsumen berperilaku. Studi
budaya mencakup semua aspek masyarakat seperti agama, pengetahuan, bahasa,
hukum, adat istiadat, tradisi, musik, seni, teknologi, pola kerja, produk, dll
Budaya adalah sangat kritis dan semua pengaruh yang meresap dalam kehidupan
kita .
BUDAYA
Untuk tujuan mempelajari perilaku konsumen, budaya dapat didefinisikan sebagai jumlah total dari keyakinan dipelajari, nilai-nilai dan kebiasaan yang berfungsi untuk membimbing dan mengarahkan perilaku konsumen dari semua anggota masyarakat itu. Howard dan Sheth telah didefinisikan kebudayaan sebagai "Sebuah cara, selektif buatan manusia menanggapi pengalaman, satu set pola perilaku". Dengan demikian, budaya terdiri dari ide-ide tradisional dan khususnya nilai-nilai, yang melekat pada ide-ide ini. Ini mencakup pengetahuan, kepercayaan, seni, moral, hukum, adat istiadat dan semua kebiasaan lainnya yang diperoleh oleh manusia sebagai anggota masyarakat. Sebuah konsep yang diterima tentang budaya adalah yang mencakup seperangkat keyakinan dipelajari, nilai-nilai, sikap, kebiasaan dan bentuk perilaku yang dimiliki oleh masyarakat dan ditularkan dari generasi ke generasi dalam masyarakat tersebut.
Untuk tujuan mempelajari perilaku konsumen, budaya dapat didefinisikan sebagai jumlah total dari keyakinan dipelajari, nilai-nilai dan kebiasaan yang berfungsi untuk membimbing dan mengarahkan perilaku konsumen dari semua anggota masyarakat itu. Howard dan Sheth telah didefinisikan kebudayaan sebagai "Sebuah cara, selektif buatan manusia menanggapi pengalaman, satu set pola perilaku". Dengan demikian, budaya terdiri dari ide-ide tradisional dan khususnya nilai-nilai, yang melekat pada ide-ide ini. Ini mencakup pengetahuan, kepercayaan, seni, moral, hukum, adat istiadat dan semua kebiasaan lainnya yang diperoleh oleh manusia sebagai anggota masyarakat. Sebuah konsep yang diterima tentang budaya adalah yang mencakup seperangkat keyakinan dipelajari, nilai-nilai, sikap, kebiasaan dan bentuk perilaku yang dimiliki oleh masyarakat dan ditularkan dari generasi ke generasi dalam masyarakat tersebut.
FaktorFaktor
Budaya Merupakan faktor yang memberikan pengaruh paling luas dan dalam pada tingkah
laku konsumen:
1. Budaya Kumpulan nilai-nilai dasar, persepsi, keinginan dan tingkah laku yang dipelajari oleh seseorang anggota masyarakat dari keluarga dan lembaga penting lainnya
2. Sub Budaya Sekelompok orang yang mempunyai sistem nilai sama berdasarkan pada pengalaman hidup dan situasi
3. Kelas Sosial Divisi masyarakat yang relatif permanen dan teratur dengan para anggotanya menganut nilai-nilai, minat dan tingkah laku yang serupa.
1. Budaya Kumpulan nilai-nilai dasar, persepsi, keinginan dan tingkah laku yang dipelajari oleh seseorang anggota masyarakat dari keluarga dan lembaga penting lainnya
2. Sub Budaya Sekelompok orang yang mempunyai sistem nilai sama berdasarkan pada pengalaman hidup dan situasi
3. Kelas Sosial Divisi masyarakat yang relatif permanen dan teratur dengan para anggotanya menganut nilai-nilai, minat dan tingkah laku yang serupa.
Pengaruh
Kebudayaan Terhadap Perilaku Konsumen
Pengertian
perilaku konsumen menurut Shiffman dan Kanuk (2000) adalah perilaku yang
diperhatikan konsumen dalam mencari, membeli, menggunakan, mengevaluasi dan
mengabaikan produk, jasa, atau ide yang diharapkan dapat memuaskan konsumen
untuk dapat memuaskan kebutuhannya dengan mengkonsumsi produk atau jasa yang
ditawarkan. Selain itu perilaku konsumen menurut Loudon dan Della Bitta (1993) adalah
proses pengambilan keputusan dan kegiatan fisik individu-individu yang semuanya
ini melibatkan individu dalam menilai, mendapatkan, menggunakan, atau
mengabaikan barang-barang dan jasa-jasa.
a. Model perilaku konsumen
a. Model perilaku konsumen
Konsumen
mengambil banyak macam keputusan membeli setiap hari. Kebanyakan perusahaan
besar meneliti keputusan membeli konsumen secara amat rinci untuk menjawab
pertanyaan mengenai apa yang dibeli konsumen, dimana mereka membeli, bagaimana
dan berapa banyak mereka membeli, serta mengapa mereka membeli.
Pertanyaan
sentral bagi pemasar: Bagaimana konsumen memberikan respon terhadap berbagai
usaha pemasaran yang dilancarkan perusahaan? Perusahaan benar−benar memahami
bagaimana konsumen akan memberi responterhadap sifat-sifat produk, harga dan
daya tarik iklan yang berbeda mempunyai keunggulan besar atas pesaing.
b.
Faktor Budaya
Faktor budaya
memberikan pengaruh paling luas dan dalam pada perilaku konsumen. Pengiklan
harus mengetahui peranan yang dimainkan oleh budaya, subbudaya dan kelas social
pembeli. Budaya adalah penyebab paling mendasar dari keinginan dan perilaku
seseorang. Budaya merupakan kumpulan nilai-nilai dasar, persepsi, keinginan dan
perilaku yang dipelajari oleh seorang anggota masyarakat dari keluarga dan
lembaga penting lainnya. Setiap kebudayaan terdiri dari sub-budaya – sub-budaya
yang lebih kecil yang memberikan identifikasi dan sosialisasi yang lebih
spesifik untuk para anggotanya. Sub-budaya dapat dibedakan menjadi empat jenis:
kelompok nasionalisme, kelompok keagamaan, kelompok ras, area geografis. Banyak
subbudaya membentuk segmen pasar penting dan pemasar seringkali merancang
produk dan program pemasaran yang disesuaikan dengan kebutuhan konsumen. Kelas-kelas
sosial adalah masyarakat yang relatif permanen dan bertahan lama dalam suatu
masyarakat, yang tersusun secara hierarki dan keanggotaannya mempunyai nilai,
minat dan perilaku yang serupa. Kelas sosial bukan ditentukan oleh satu faktor
tunggal, seperti pendapatan, tetapi diukur dari kombinasi pendapatan,
pekerjaan, pendidikan, kekayaan dan variable lain.
·
Pengaruh Budaya Yang Tidak Disadari Dengan adanya kebudayaan, perilaku konsumen
mengalami perubahan. Dengan memahami beberapa bentuk budaya dari masyarakat,
dapat membantu pemasar dalam memprediksi penerimaan konsumen terhadap suatu
produk. Pengaruh budaya dapat mempengaruhi masyarakat secara tidak sadar.
Pengaruh budaya sangat alami dan otomatis sehingga pengaruhnya terhadap
perilaku sering diterima begitu saja. Ketika kita ditanya kenapa kita melakukan
sesuatu, kita akan otomatis menjawab, “ya karena memang sudah seharusnya
seperti itu”. Jawaban itu sudah berupa jawaban otomatis yang memperlihatkan
pengaruh budaya dalam perilaku kita. Barulah ketika seseorang berhadapan dengan
masyarakat yang memiliki budaya, nilai dan kepercayaan yang berbeda dengan
mereka, lalu baru menyadari bahwa budaya telah membentuk perilaku seseorang.
Kemudian akan muncul apresiasi terhadap budaya yang dimiliki bila seseorang
dihadapan dengan budaya yang berbeda. Misalnya, di budaya yang membiasakan
masyarakatnya menggosok gigi dua kali sehari dengan pasta gigi akan merasa
bahwa hal itu merupakan kebiasaan yang baik bila dibandingkan dengan budaya
yang tidak mengajarkan masyarakatnya menggosok gigi dua kali sehari. Jadi,
konsumen melihat diri mereka sendiri dan bereaksi terhadap lingkungan mereka
berdasarkan latar belakang kebudayaan yang mereka miliki. Dan, setiap individu
akan mempersepsi dunia dengan kacamata budaya mereka sendiri.
·
Pengaruh Budaya dapat Memuaskan Kebutuhan Budaya yang ada di masyarakat dapat
memuaskan kebutuhan masyarakat. Budaya dalam suatu produk yang memberikan
petunjuk, dan pedoman dalam menyelesaikan masalah dengan menyediakan metode
“Coba dan buktikan” dalam memuaskan kebutuhan fisiologis, personal dan sosial.
Misalnya dengan adanya budaya yang memberikan peraturan dan standar mengenai
kapan waktu kita makan, dan apa yang harus dimakan tiap waktu seseorang pada
waktu makan. Begitu juga hal yang sama yang akan dilakukan konsumen misalnya
sewaktu mengkonsumsi makanan olahan dan suatu obat.
·
Pengaruh Budaya dapat Dipelajari sejak seseorang masih kecil, yang memungkinkan
seseorang mulai mendapat nilai-nilai kepercayaan dan kebiasaan dari lingkungan
yang kemudian membentuk budaya seseorang. Berbagai macam cara budaya dapat
dipelajari. Seperti yang diketahui secara umum yaitu misalnya ketika orang
dewasa dan rekannya yang lebih tua mengajari anggota keluarganya yang lebih
muda mengenai cara berperilaku. Ada juga misalnya seorang anak belajar dengan
meniru perilaku keluarganya, teman atau pahlawan di televisi. Begitu juga dalam
dunia industri, perusahaan periklanan cenderung memilih cara pembelajaran
secara informal dengan memberikan model untuk ditiru masyarakat. Misalnya
dengan adanya pengulangan iklan akan dapat membuat nilai suatu produk dan pembentukan
kepercayaan dalam diri masyarakat. Seperti biasanya iklan sebuah produk akan
berupaya mengulang kembali akan iklan suatu produk yang dapat menjadi
keuntungan dan kelebihan dari produk itu sendiri. Iklan itu tidak hanya mampu
mempengaruhi persepsi sesaat konsumen mengenai keuntungan dari suatu produk,
namun dapat juga memepengaruhi persepsi generasi mendatang mengenai keuntungan
yang akan didapat dari suatu kategori produk tertentu.
·
Pengaruh Budaya yang Berupa Tradisi Tradisi Adalah aktivitas yang bersifat
simbolis yang merupakan serangkaian langkah-langkah (berbagai perilaku) yang
muncul dalam rangkaian yang pasti dan terjadi berulang-ulang. Tradisi yang
disampaikan selama kehidupan manusia, dari lahir hingga mati. Hal ini bisa jadi
sangat bersifat umum. Hal yang penting dari tradisi ini untuk para pemasar
adalah fakta bahwa tradisi cenderung masih berpengaruh terhadap masyarakat yang
menganutnya. Misalnya yaitu natal, yang selalu berhubungan dengan pohon cemara.
Dan untuk tradisi-tradisi misalnya pernikahan, akan membutuhkan
perhiasan-perhiasan sebagai perlengkapan acara tersebut.
0 comments:
Post a Comment